Sunday, October 26, 2014

Logo Mushola Al-Muttaqin

Kerjaan hari ini untuk Mushola Al-Muttaqin...


Mumpung ada waktu luang, saya akan mencoba memberikan sedikit tutorial dalam pembuatan sticker cutting di atas... Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kawan-kawan yang akan menjalankan bisnis sticker cutting.. Bagi yang sudah berpengalaman dalam usaha cutting sticker, saya berharap dapat masukan yang mendukung, demi kemajuan para pebisnis cutting sticker..

Okeh, berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan sticker cutting diatas.....



Langkah 1:

Buatlah design sesuai dengan kemauan customer.. Saya menggunakan software Coreldraw dalam pembuatan design sticker.. mengapa ya menggunakan coreldraw? karena software ini sangat mudah dipelajari secara otodidak dan mempunyai fitur yang lengkap..


Kemudian setelah design yang kita buat sudah sesuai dengan keingginan customer; all dsign kita blok, kemudian klik mouse kanan-> pilih convert to curve..
Semua design harus diconvert to curve, karena mesin cutting hanya bisa membaca format tersebut, yaitu titik dan garis.. Setelah dilakukan pengeditan untuk vertex (titik), didapat hasil sebagai berikut:


Sticker yang digunakan ada 2 warna, yaitu hijau dan kuning..
Untuk design (kotak berwarna hijau dan tulisan berwarna kuning), masing-masing diubah kedalam format eps untuk dilakukan cutting menggunakan mesin cutting... Tapi jangan lupa; tipe garisnya: hairline & no colour. Mesin cutting hanya membaca garis tipe hairline, no colour & format eps.

Langkah 2:

Tutup software coreldraw kemudian buka software artcut untuk persiapan melakukan cutting. Connectkan pula mesin cutting ke PC..disini saya menggunakan artcut2009. Import design yang sudah berformat eps untuk masing-masing design. dan jangan lupa siapkan bahan baku sticker. Yang pertama saya cutting adalah sticker yang berwarna kuning (Tulisan Mushola AL-Muttaqin)



Lalu cutting sticker yang berwarna hijau (design kotak)..




Langkah 3:

Bersihkan sticker yang tidak digunakan, dan sisakan sticker yang dipakai sesuai design. Alat yang harus dipersiapkan: meja, gunting dan pinset.




Langkah 4:

Siapkan Masking. LAlu maskinglah design yang bertuliskan Mushola Al-Muttaqin..Setelah dimasking, angkat stiker untuk dipindahkan ke sticker hijau (design kotak)..




Langkah 5:

Sticker cutting sesuai permintaan customer telah selesai dibuat..


Mudah bukan?
Seperti kata orang tua dan guru-guru kita: " Tidak ada yang susah jika kita mau mengerjakannnya.."

Mudah-mudahan tutorial singkat ini bisa bermanfaat..

Wassalam

Eriy Ar RAyyan
26 Oktober 2014

No comments:

Post a Comment